Workshop Sistem Inovasi Daerah (SIDa)

Workshop Sistem Inovasi Daerah (SIDa)

Untuk mendorong inovasi pemerintah daerah sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Bappeda Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Bappeda Kab. Jepara menyelenggarakan Worksop Pengembangan Pilar Tematik Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di Kabupaten Jepara.

Workshop yang dilakukan selama dua hari mulai hari Selasa- Rabu, 11 – 12 Juli 2017 di ruang Rapat II Bappeda diisi oleh Narasumber dari berbagai pihak antara lain Hamdan , SE,MSi (Bappeda Kab. Jepara), Akmal,MSi (Bappeda Provinsi Jawa Tengah), M. Idris, SE,MSi (UNDIP) dan DR . Mamiek Indaryani,MS (UMK). Dalam kesempatan tersebut , Kepala Bappeda Kab. Jepara yang diwakili oleh Sekretaris Drs. Pursanto,Msi menyampaikan  bahwa melalui inovasi daerah akan lebih maju dan berdaya saing. “ Karena  diera sekarang yang bisa diandalkan adalah keunggulan kompetitif bukan keunggulan komparatif” papan Pursanto.

Di Kabupaten Jepara ada dua prioritas utama dalam SIDa yaitu industri pengolahan (furniture) dan wisata alam (pantai). Menurut Hamdan, ada permasalahan dalam pelaksanaan SIDa di Jepara antara lain roadmap SIDa belum terintergrasi dengan RPJMD, SIDa belum dijadikan acuran dalam penyusunan renja OPD dan kurangnya komitmen pengambil keputusan .

Dalam workshop selama dua hari tersebut telah diidentifikasi pokok-pokok review SIDa Kab. Jepara dengan menyesuaikan pada draft RPJMD Tahun 2017 – 2022. Tindaklanjut dari kegiatan tersebut akan dilakukan review secara mandiri oleh Tim Internal Pemkab Jepara.

Materi selengkapnya dapat download melalui website : www.bappeda.jeparakab.go.id dan www.bappeda-jepara.org.

(01 –BJN) .

DSC06647 DSC06648 DSC06651 DSC06643

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan